Elmir Amien: Jangan Menyerah Sebelum Gagal 21 kali

Tak ada yang lebih spesial selama saya berada di pelatihan FIM selain dari sosok Pak Elmir Amien yang saya rasa sudah merasuki sendi sendi pemikiran saya. Ya, mungkin beliau menginspirasi saya. Satu hal yang akan selalu teringat oleh saya maupun teman teman lain di FIM 15 dari Pak Elmier adalah “Jangan Menyerah Sebelum Gagal 21 kali”, ada sepenggal puisi yang di sematkan di belakang sertifikat FIM oleh Pak Elmier, kurang lebih seperti ini :

Hasrat Untuk Berubah

Ketika aku muda dan bebas berkhayal, aku bermimpi ingin mengubah dunia.

Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku, kudapati bahwa dunia tak kunjung berubah.

Maka cita-cita itu pun agak kupersempit,

Lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku,

Namun nampaknya

Hasrat itupun tiada hasil.

Ketika usiaku semakin senja,

Dengan semangat yang masih tersisa

Kuputuskan untuk hanya mengubah keluargaku

Orang-orang yang paling dekat denganku.

Tapi celakanya,

Mereka pun tidak mau diubah!

Dan kini,

Sementara aku berbaring saat ajal menjelang

Tiba-tiba kusadari…

“Andaikan yang pertama-tamaku ubah adalah diriku

Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan

Mungkin aku bisa mengubah keluargaku

Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka,

Bisa jadi aku pun mampu mengubah negeriku

Kemudian siapa tahu,

Aku pun bahkan bisa mengubah dunia.

Ditulis dan dicatat ulang oleh Elmier Amien dari buah karya seorang Bishop Anglikan, pada tahun 1100 Masehi, tertulis di ruang pemakaman Wesminster Abbey, Inggris

Leave a Reply

