[ABKM] S2 atau Kerja dulu?

Sarjana adalah potret terang di depan kamera. Ia menyungging senyum semringah, memakai toga dan baju kebesaran, dengan latar belakang lukisan buku-buku berjilid klasik yang sangat jarang ada di Indonesia, ditambahi kehangatan senyum anggota keluarga. Foto itu kelak adalah tanda sejarah yang meneguhkan keberadaan hingga prestise seseorang, bahkan seluruh keluarganya. Klik!

Mungkin Aldizal saat itu sedang melihat potretnya sendiri pas waktu wisuda. Diruang tamu, Aldi menatap dinding. Tangannya menyentuh-nyentuh frame fotonya dengan lembut, Aldi tersenyum simpul sesekali, melihat dirinya memakai toga dalam potret itu. Dalam senyum terakhir, Ia tiba-tiba kepikiran “Udah lulus ngapain ya, kerja dulu atau langsung S2?”. Begitu kira-kira.

Aldi diselimuti rasa ragu. Namun, pertanyaan atas keraguannya kini terjawab sudah berkat feature “Aku Bertanya maka Kece Menjawab” atau [ABKM] dalam group Whatsapp FIM KECE. Yeah! You’re so lucky Aldizal…

Aldizal Mahendra:

Mau nanya pendapat dong menurut akang teteh. Plus minusnya langsung S-2 sama kerja dulu apa ya? Hehe maaf pagi-pagi lempar isu

Kurniawan Gunadi:

Karena gue milih kerja dulu, gue kasih perspektif gue aja ya Di

Gue memutuskan kerja dulu karena:

  1. Gue gak tau kalo mau S2 mau jurusan apa
  2. Pas semester 8-9 gue kerja, gue merasa apa yg gue pelajari di dunia kerja itu beneran nyata dan yg di kelas itu teori, apa yg gue temuin di kelas itu hampir beda banget sama proses belajar di kelas dan apa yg gue dapat di dunia kerja itu jauh lebih banyak.
  3. Kalo kerja dulu, gue merasa lebih mateng dan nanti kalo mau S2, siap ga cuman teori, tapi udah punya pengalaman di lapangan, ilmu tentang apa yg riil terjadi di lapangan.
  4. Sebelum S2, gue emang mau nyiapain tabungan dan bisnis (krn gw ikhwan-apadeh) jd biar nikah dulu dan siap secara finansial. Karena gue mikirnya kalo S2 langsung, kelamaan.
  5. Gue ga bercita-cita jadi dosen yangg kuliahnya jalur linier, jadi rencana S2 emang pindah jurusan. Ini akan lain cerita kalo temen-temen emang seneng sama jurusannya apalagi yang mau jadi dosen yg kd S2 dan S3.

Ryan Alfian Noor:
Menurut saya justru bergantung sama rencana kita mau gimana. Kalo misal mau sharpening our skill as academician cocok buat langsung S2. Tp klo misal memang tujuannya memang langsung berkarir, saya rasa S1 sudah bisa langsung terjun.

Untuk S2, kenyataannya beberapa kawan saya ada yg di lay off karena harga minyak turun dan sekarang beberapa udah dapat, beberapa masih nyari kampus.

S2 terkadang dapat menyelamatkan seseorang dari pertanyaan “aktivitas skrg apa? Udah kerja dimana?” Hehe..

Aldizal Mahendra:
Ke depannya sih rencananya jadi dosen. Cuman dapet pendapat kalo dosen yang kerja dulu katanya lebih berbobot juga.

Fani Yulinda:
Berdasarkan pengalaman pribadi, bener semua tergantung tujuan awalnya apa. Jika pilih jadi dosen, mau pilih jd dosen pure atau dosen praktisi? Saya pribadi pilih jadi dosen praktisi karena biasanya mahasiswa lebih dapat ilmunya gak cuman teori. tapi kita bisa kasih case real. Saya lanjut S2 sembari kerja, jadi ilmu di S2 bisa langsung kita  praktekin  dan bandingin di dunia kerja, Jadi dua-duanya bisa di barengin.

Syauqi Rabbani:
Istri saya langsung S2. Saya kerja baru berencana S2. Menurut kami berdua,
Bekerja dulu. Terutama kalo S2 nya bukan engineering atau science

NB: There’s a reason why ivy league universities require us to have minimum 2 years working experience. By average, those who take Master in Ivy league have 7-10 years of working experience. CFA, the most prestigious certificate in finance industry and regarded in par with MBA from ivy league, has minimum 4 years working experience.

Fira Aulia:

Sepakat sama Kak Ryan, tergantung tujuan atau rencana hidup, tuntutan ekonomi, dan kemantapan di jurusan sekarang.

Sekedar share, aku mau langsung S2 karena:

  1. Sebelum nikah mau udah selesai sekolah (ga berniat sampe S3). Biar guru pertama anakku min. S2, dan dari penelaah diri, aku kalo belajar harus fokus gak bisa sambil nikah.
  2. Kalo tujuan kerja udah cukup jelas, bidang S2 sesuaikan sama bidang kerja. Biar lebih kompeten di bidang itu
  3. Mau bertualang di lingkungan baru sebelum nikah
  4. Perintah orang tua

Tapi di lain pihak, selama proses ngelanjutin S2 ada beberapa kendala major kayak:

  1. Jauh lebih susah kalo mau non-linear, apalagi kalo univ-nya terkenal. Perlu tambahan seleksi wawancara dgn para pengurus fakultas. (Kecuali S2-nya bidang umum kayak manajemen)
  2. Pas kuliah, yang belum punya pengalaman kerja bakal perlu effort lbh buat ngerjain tugas-tugas kuliah dibandingin yg udah pernah kerja di bidang itu

Kesimpulannya: saranku, kecuali ada tuntutan-tuntutan lain, mending kerja dulu.
NB: mungkin cocok buat Aldi. Bapakku dosen & abis lulus S1 langsung jadi dosen. Nikah, terus lanjut sekolah.

  1. Proyek2 tetep cukup banyak karena selama S2 S3 beliau merajut link dengan orang-orang di keilmuan beliau.
  2. Dengan segera bergabung di jajaran akademisi bidang tersebut, bakal jadi pemain lama alias diseniorkan.
  3. Kalo kuliahmu mau di luar, akan jadi jadi pelajaran kehidupan banget utk anakmu kalo anakmu dibawa hidup di luar sewaktu mereka masih kecil. Baik dari segi bahasa maupun pola hidup.

Well itulah dia beragam pandangan soal pilihan mana yang terbaik, tapi yang pasti pilihan ada di tangan kita. Dan yang paling penting serahkan semuanya pada Tuhan.

Fighting has been enjoined upon you while it is hateful to you. But perhaps you hate a thing and it is good for you; and perhaps you love a thing and it is bad for you. And Allah Knows, while you know not.

(Al Baqarah: 216)

*Catatan ini disadur dari percakapan WA tanpa mengurangi konten asli termasuk bahasa

Leave a Reply

